PRODI PGSD UNITRI KENALKAN UKM PRAMUKA DALAM PEMBUKAAN MGBK SMK SWASTA KABUPATEN LAMONGAN

MALANG – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menyambut Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMK Swasta Kabupaten Lamongan dalam kunjungannya di Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI). Acara penyambutan di lakukan di Laboratorium Sainsteknopark, Kamis (16/12). Dalam sambutannya PGSD menampilkan gerakan pramuka mulai dari Pionering (Teknik Penggunaan Tongkat dan Tali), Sandi Morse, dan Fun Game.

Hal ini disampaikan Ketua Program Studi PGSD, Kardiana Metha Rozhana, S.Pd., M.Pd

“Pertama kita menampilkan pionering, sandi morse dan fun game. Fun game ini bertujuan untuk menghibur tamu-tamu yang mungkin capek dari perjalanan panjang Lamongan ke Malang. Tadi ada beberapa game seperti berhitung kelipatan, tangan kanan tangan kiri, marina, syair dan lirik, dan yang paling seru tadi yaitu merangkai puzzle karena melibatkan guru-guru dari lamongan yang tadi sempat kebingungan menyusun puzzle.”

Pramuka sebenarnya merupakan salah satu UKM yang ada di UNITRI, tetapi karena pendemi Covid-19 kegiatan pramuka dihentikan untuk sementara dan hanya aktif di prodi saja. Pramuka berada dibawah naungan prodi PGSD dan mempunyai kurikulum sendiri. Pramuka akan mulai aktif kembali bulan Januaari 2022 nanti berdasar surat edaran universitas bahwa dibolehkan untuk memulai kegiatan tatap muka.

“Pramuka sendiri sebenarnya adalah UKM Kampus tetapi karena kemarin pandemi UKM Pramuka sempat vakum. Untuk pramuka sendiri di prodi PGSD itu ada kurikulumnya, jadi untuk sementara yang aktif yaitu dari Prodi. Insyaallah Januari 2022 ini kita akan mengaktifkan kembali UKM karena sudah ada edaran dari Universitas bahwa kita sudah bisa memulai tatap muka.” Ungkapnya.

Kardiana menambahkan, recruitment anggota baru UKM Pramuka akan dibuka bulan Januari mendatang dan terbuka untuk semua prodi. Ia berharap dengan aktifnya kembali UKM Pramuka bisa membawa UNITRI menjadi pioner gerakan pramuka di Malang.

“kita akan membuka recruitment di bulan Januari untuk UKM Pramuka, jadi siapapun boleh daftar dari prodi manapun. Harapan saya UNITRI bisa menjadi pioner pramuka di Kota Malang, jadi kita inginnya semuanya prodi bukan hanya PGSD bisa mengikuti UKM Pramuka, karena di UKM Pramuka selain kita ada toleransi dan juga menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air.” Tutupnya. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 9 =