WORKSHOP MEDIA INTERAKTIF PGSD UNITRI : GURU HARUS LEBIH KREATIF

Malang – Sebagai bagian dari rangkaian diesnatalis yang ke-2, Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kegiatan Workshop Media Interaktif, Kamis (12/03). Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Unitri, acara tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan terkait pembelajaran Guru dan Calon Guru yang kreatif sehingga dapat menarik perhatian siswanya di kelas.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr M Rifa’I, SE., MM mengatakan, di era digital saat ini, pengajar dituntut untuk dapat berfikir kreatif dan komunikatif. Untuk itu, perlu sekali bagi guru maupun calon guru memahami bagaimana cara kerja media interaktif dalam membantu menyampaikan ide-ide kreatifnya kepada siswa.

“Pengajar itu harus kreatif. Contohnya bagaimana mengajar di kelas. Ia diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang tidak membosankan bila diikuti siswa. Kuncinya ya menjadi lebih kreatif dan komunikatif lagi.” Ungkap beli saat membuka acara.

Selain kreatif dan komunikatif, Dr M Rifa’i SE., MM juga menghimbau peserta yang berasal dari mahasiswa PGSD, Prodi lain di Fakultas Pendidikan hingga di luar Fakultas Pendidikan untuk dapat terus mengembangkan ilmu dan organisasi agar dapat menunjang kualitas diri.

Sementara itu, workshop Media Interaktif menghadirkan dua pemateri yakni Mastini, M.Pd dan Ali Ishaq, M.Pd yang memberikan wawasan terkait pengalaman mengajar dan cara pembuatan media interaktif. Pemateri pertama kegiatan, Mastini, M.Pd menjelaskan, guru saat ini diharapkan mampu membuat siswanya berperan aktif di kelas. Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh guru adalah memanfaatkan alat-alat sederhana di dalam kelas dan tidak melupakan perkembangan teknologi saat ini. Guru diharapkan mampu menyeimbangkan media yang ada agar tidak ketinggalan jaman.

Seperti di beritakan sebelumnya, diesnatalis PGSD akan berlangsung selama dua hari dan dimeriahkan dengan beragam kegiatan seperti workshop Media Interaktif, Lomba mendongeng, hingga lomba permainan tradisional. Selain itu, pagi tadi juga dilangsungkan penandatangan MoU antara SMPN 25 Malang serta MoU antara Perusahaan Media Multi Tech dengan Fakultas Pendidikan. (HUMAS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

65 − 60 =